Peneliti Temukan Protein yang Berkontribusi Terhadap Metastasis pada Kanker Pankreas

Adenokarsinoma Duktal Pankreas (PDA) adalah bentuk kanker pankreas yang paling umum dan sulit disembuhkan.
Techexplorist

Penemuan protein ini dapat memajukan terapi yang menyelamatkan jiwa terhadap penderita kanker pankreas.

Kanker pankreas menduduki peringkat ketiga penyebab kematian terkait kanker di Amerika Serikat karena sifatnya yang sangat metastasis, tidak adanya skrining, dan resistensi terhadap kemoterapi saat ini.

Seperti dilansir Techexplorist, adenokarsinoma duktal pankreas (PDA) adalah bentuk kanker pankreas yang paling umum dan sulit disembuhkan.

Para peneliti di Universitas California, Davis, mengungkapkan dalam sebuah penelitian bahwa ekspresi abnormal dari protein Engrailed-1 (EN1) mendorong perkembangan kanker pankreas dan metastasis pada model in vitro dan tikus.

Peningkatan EN1 juga dikaitkan dengan kanker pankreas metastatik yang parah pada pasien manusia, sehingga menunjukkan EN1 sebagai target potensial untuk terapi kanker pankreas.

Dalam studi ini, para peneliti mengidentifikasi faktor epigenetik baru yang dapat berkontribusi terhadap metastasis pada kanker pankreas.

Memahami mekanismenya akan membantu peneliti dalam mengidentifikasi target potensial dan meningkatkan kelangsungan hidup pasien.

Metastasis, aspek penting dalam perkembangan kanker pankreas, sulit ditelusuri kembali ke mutasi genetik tertentu.

Mengingat hal ini, peneliti yang dipimpin oleh Chang-Il Hwang mempertimbangkan faktor non-genetik seperti perubahan epigenetik atau perubahan produksi protein.

Tim tersebut mengidentifikasi peningkatan faktor transkripsi (protein yang mengendalikan protein lain) pada kanker pankreas yang telah bermetastasis dibandingkan dengan tumor primer.

Di antara protein-protein ini, EN1 menonjol dan penting untuk kelangsungan hidup neuron selama perkembangan dan biasanya tidak diproduksi di sel pankreas dewasa.

Meskipun EN1 diketahui memicu bentuk kanker payudara yang agresif dan dikaitkan dengan prognosis buruk pada kanker lain, perannya dalam kanker pankreas belum pernah dijelaskan sebelumnya.

Dalam percobaan dengan “organoid” kanker pankreas – gumpalan jaringan tiga dimensi yang dikembangkan di laboratorium – para peneliti menyelidiki dampak penghambatan atau peningkatan ekspresi EN1 terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup sel kanker pankreas.

Mereka menemukan bahwa tanpa EN1, kecil kemungkinan sel kanker pankreas untuk bertahan hidup dan membelah diri. Sebaliknya, penambahan EN1 ekstra meningkatkan kelangsungan hidup tumor.

Selain itu, rekayasa genetika garis sel kanker pankreas tikus untuk menghasilkan lebih banyak EN1 dari biasanya mengakibatkan peningkatan invasi dan migrasi sel, yang merupakan karakteristik penting dari metastasis.

Temuan ini menekankan potensi peran EN1 dalam mendorong perkembangan dan metastasis kanker pankreas.

Penulis pertama Jihao (Reno) Xu, seorang kandidat doktor di kelompok pascasarjana Molecular, Cellular and Development Biology mengatakan, “Sangat jelas bahwa EN1 adalah faktor yang sangat penting di balik agresivitas kanker pankreas."

"Saat kita mengambil sel tumor dan membuatnya mengekspresi EN1 secara berlebihan, sel tersebut menjadi lebih bermetastasis dan agresif, dan saat kita menghancurkannya, metastasisnya menjadi berkurang.”

Dengan menggunakan database pasien yang tersedia untuk umum, para peneliti menunjukkan signifikansi klinis EN1 dalam prognosis kanker pankreas manusia.

Analisis mengungkapkan peningkatan kadar EN1 pada sebagian pasien dengan kanker pankreas stadium lanjut, dan pasien dengan peningkatan kadar EN1 cenderung memiliki prognosis yang lebih buruk.

Hubungan ini menggarisbawahi potensi peran EN1 sebagai penanda prognostik tingkat keparahan kanker pankreas.

Temuan dari database pasien melengkapi percobaan laboratorium, secara kolektif menyoroti pentingnya EN1 dalam perkembangan dan prognosis kanker pankreas.