Home > Gaya Hidup

Bakteri Usus Pemakan Kolesterol Bisa Melindungi Penyakit Jantung

Mikroba tertentu dalam mikrobioma usus dapat mencegah penyakit jantung dengan menurunkan kolesterol manusia.
Bakteri berbentuk batang ini dipastikan melahap dan memecah kolesterol (dalam warna hijau)/Ahmed Mohamed

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa bakteri yang ada di usus beberapa orang dapat membantu memecah kolesterol, membuat mereka kurang rentan terhadap penyakit jantung.

Hubungan antara tingginya keragaman mikroba usus dan rendahnya kemungkinan penyakit kardiovaskular sudah diketahui dengan baik.

Seperti dilansir Live Science, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa orang dengan penyakit yang berhubungan dengan jantung, seperti aterosklerosis, membawa berbagai jenis mikroba di ususnya dibandingkan orang yang tidak memiliki penyakit tersebut.

Para peneliti mengira hal ini mungkin terkait dengan enzim buatan mikroba yang disebut IsmA yang memecah kolesterol.

Orang yang bakteri ususnya membuat IsmA memiliki kolesterol lebih sedikit dalam darahnya dibandingkan mereka yang bakteri ususnya tidak membuat enzim ini.

Namun, spesies bakteri spesifik yang membuat enzim pemakan kolesterol belum diketahui.

Sekarang, sebuah penelitian yang diterbitkan pada tanggal 2 April di jurnal Cell menunjukkan bahwa bakteri dalam genus Oscillibacter memecah kolesterol dan bahwa orang yang membawa lebih banyak bakteri tersebut memiliki kadar kolesterol lebih rendah dibandingkan orang yang memiliki lebih sedikit mikroba tersebut.

Mengungkap bakteri yang memetabolisme kolesterol adalah “sangat menarik dan mengasyikkan,” Daoming Wang, seorang peneliti di Universitas Groningen di Belanda, mengatakan kepada Live Science melalui email.

Wang, seorang ahli bioinformatika yang mempelajari mikrobioma usus manusia, tidak terlibat dalam studi baru ini.

Untuk memahami bagaimana bakteri usus mempengaruhi kesehatan jantung, para peneliti memeriksa sampel tinja dan darah yang dikumpulkan dari lebih dari 1.400 orang di Framingham Heart Study, sebuah studi selama puluhan tahun mengenai faktor risiko penyakit jantung.

Tim menggunakan teknik berbeda untuk membuat profil DNA mikroba dalam sampel tinja.

Mereka juga menganalisis metabolit – produk sampingan yang tersisa ketika bahan kimia seperti kolesterol terurai.

Untuk setiap peserta, tim kemudian menghubungkan temuan ini dengan penanda kesehatan jantung yang diketahui, seperti kadar kolesterol dan trigliserida yang ditularkan dalam darah.

Orang dengan kadar trigliserida dan kolesterol rendah memiliki banyak bakteri Oscillibacter di kotorannya, kata tim tersebut.

Mereka memeriksa apakah korelasi ini muncul pada kelompok orang lain yang independen dan menemukan bahwa korelasi tersebut memang muncul.

Untuk memastikan bahwa Oscillibacter memang memetabolisme kolesterol, para peneliti menumbuhkan bakteri tersebut di laboratorium dan memaparkannya pada kolesterol yang ditandai dengan label fluoresen.

Dengan menggunakan mikroskop, tim mencari fluoresensi di dalam sel bakteri, untuk melihat apakah mikroba tersebut menyedot kolesterol – dan ternyata mereka berhasil.

Para peneliti kemudian melacak nasib kolesterol yang dimakan tersebut dan menemukan bahwa spesies bakteri yang berbeda memecahnya menjadi berbagai steroid.

Steroid ini dapat diserap oleh bakteri usus lainnya, sehingga menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan.

Untuk mengetahui gen dan protein mana yang dapat membantu Oscillibacter memecah kolesterol, tim menggunakan algoritma pembelajaran mesin.

Algoritme ini menganalisis fitur gen untuk memprediksi tampilan protein yang dikodekan oleh gen tersebut.

Analisis ini mengungkapkan bahwa gen yang mengkode protein mirip dengan IsmA kemungkinan besar bertanggung jawab untuk memetabolisme kolesterol.

Hasil ini membawa kita lebih dekat untuk memahami “materi gelap” mikrobioma, yang berarti sejumlah besar gen mikroba usus yang fungsinya belum diketahui, kata Wang.

“Materi gelap ini menghalangi kita untuk melihat gambaran keseluruhan fungsi bakteri usus.”

Secara teori, mengubah mikrobioma usus untuk meningkatkan pemecahan kolesterol bisa menjadi strategi untuk mengurangi kadar kolesterol masyarakat, usulan penulis penelitian.

Namun sebelum hal tersebut dapat dilakukan, kita memerlukan penyelidikan lebih lanjut untuk lebih memahami secara pasti bagaimana bakteri ini memecah kolesterol dan bagaimana hal ini dapat digunakan sebagai terapi, kata Wang.

Kita memerlukan studi terperinci pada hewan di laboratorium, diikuti dengan uji klinis pada manusia, katanya.

Meskipun demikian, Wang menambahkan, “sangat menarik untuk mengeksplorasi lebih jauh potensi manipulasi spesies Oscillibacter sebagai intervensi terapeutik untuk mengelola kadar kolesterol.”