Kontrasepsi Pria Reversibel Jenis Baru Terbukti Sukses dalam Penelitian pada Tikus

Ketika tim menyuntik sekitar selusin tikus dengan CDD-2807 setiap hari selama 21 hari, tikus jantan yang diberi salah satu dosis tersebut tidak menghasilkan keturunan.
eraxion

Jenis kontrasepsi pria baru yang tidak bergantung pada hormon telah menunjukkan keberhasilan awal pada tikus.

Pengobatan baru ini tidak hanya dapat dibalik; itu datang dengan sedikit efek samping.

Uji klinis pada manusia masih memerlukan waktu bertahun-tahun, namun pada percobaan awal pada hewan pengerat, dosis obat yang tepat pada waktu yang tepat dapat memasuki aliran darah, masuk ke testis, dan mengurangi hiperaktifitas sperma.

Senyawa tersebut disebut CDD-2807, dan para peneliti AS yang dipimpin oleh Baylor College of Medicine tertarik untuk terus mempelajarinya.

Padahal, pejantan dan betina masih hidup bersama dan kawin. Setelah pengobatan dihentikan selama sekitar 53 hari, pejantan mulai menghasilkan keturunan lagi.

Saat memeriksa testis tikus jantan, peneliti menemukan bahwa tikus yang diberi CDD-2907 memiliki jumlah sperma lebih rendah, motilitas sperma lebih rendah, dan sperma hiperaktif lebih sedikit dibandingkan kontrol.

“Kami senang melihat bahwa tikus tidak menunjukkan tanda-tanda toksisitas dari pengobatan CDD-2807, senyawa tersebut tidak terakumulasi di otak, dan pengobatan tidak mengubah ukuran testis,” kata ahli patologi Courtney Sutton.

"Yang penting, efek kontrasepsi ini bersifat reversibel. Setelah periode tanpa senyawa CDD-2807, tikus tersebut memulihkan motilitas dan jumlah sperma serta menjadi subur kembali."

Para peneliti menemukan aktivitas CDD-2807 yang memperlambat sperma dalam kumpulan kemungkinan obat.

Ini menonjol karena kemampuannya untuk menghambat protein yang disebut serine/threonine kinase 33 (STK33), yang diperkaya di testis mamalia.

Baik pada tikus maupun manusia tanpa gen STK33, yang mengkode protein STK33, penelitian menunjukkan terjadi cacat sperma yang menyebabkan infertilitas, meskipun tampaknya tidak ada masalah kesehatan lain yang terkait dengan varian tersebut.

“Oleh karena itu, STK33 dianggap sebagai target yang layak dengan masalah keamanan minimal untuk kontrasepsi pada pria,” jelas ahli biologi reproduksi Martin Matzuk, yang menjalankan laboratorium di Baylor.

Pil KB wanita pertama diperkenalkan hampir 60 tahun yang lalu, dan saat ini terdapat banyak bentuk baru yang tersedia bagi individu bertubuh wanita, mulai dari pil oral hingga alat implan.

Sebaliknya, kontrasepsi pria terakhir yang beredar di pasaran adalah pada tahun 1980an ketika para ilmuwan menemukan cara untuk melakukan vasektomi invasif minimal.

Selama beberapa dekade, masyarakat dan ilmuwan telah mendiskusikan kemungkinan adanya alat kontrasepsi untuk pria.

Idenya berkisar dari memanaskan testis dengan nanopartikel, 'mematikan' sperma dengan pil, hingga 'sumbat' hormonal yang dapat disuntikkan untuk testis.

Meskipun beberapa metode ini menunjukkan keberhasilan pada tikus, merancang obat manusia yang memiliki efek jangka panjang, reversibel, dan tanpa efek samping terbukti rumit.

Pada tahun 2016, uji klinis alat kontrasepsi pria dihentikan karena efek samping negatifnya.

Namun banyak yang dengan cepat menunjukkan standar ganda: efek samping yang sama, seperti hilangnya libido, perubahan suasana hati, dan depresi, dianggap dapat diterima jika kontrasepsi ditujukan untuk wanita.

Ketika pil KB wanita pertama kali diperkenalkan pada tahun 1960an, hormon dalam dosis tinggi menyebabkan efek samping yang parah dan berisiko, beberapa di antaranya meningkatkan serangan jantung atau stroke pada pasien.

Namun, para ilmuwan membutuhkan waktu lebih dari satu dekade untuk mengetahui hal tersebut, meskipun efek samping yang tidak menyenangkan dan terkadang fatal sudah terlihat pada uji klinis pertama pada tahun 1950an.

Saat ini, proses di balik penelitian obat-obatan pada manusia jauh lebih ketat, dan hal ini jelas merupakan sebuah kemajuan besar, namun hal ini juga berarti bahwa para ilmuwan memerlukan waktu lebih lama untuk 'menyamakan kedudukan' dalam hal beban kontrasepsi.

Para ilmuwan di Baylor College of Medicine sedang mencoba untuk menutup kesenjangan tersebut, dan kandidat alat kontrasepsi mereka tampaknya sangat efektif dalam mengganggu fungsi sperma pada tikus.

Tim tersebut sekarang ingin menguji “penyelidikan kimiawi yang luar biasa” pada primata non-manusia. Studi ini dipublikasikan di Science.