Kandidat Antibiotik Baru Ditemukan pada Bakteri dari Kedalaman Laut Arktik

Laut dalam mungkin menjadi sumber obat-obatan utama di masa depan.
shutterstock

Para peneliti mungkin telah menemukan dua senyawa baru dengan kemampuan kuat untuk melawan bakteri berbahaya.

Mereka menemukan zat-zat menarik ini di dalam berbagai jenis bakteri di kedalaman Laut Arktik. Dengan potensi bahwa lebih banyak senyawa menarik dapat ditemukan di sana.

Resistensi antibiotik merupakan masalah serius. Mikroba berbahaya menjadi resistan terhadap pengobatan umum.

Dan evolusi galur baru ini melampaui pengembangan antibiotik baru. Inilah sebabnya para peneliti mencari senyawa menarik di tempat yang lebih jauh.

Sekitar 70 persen antibiotik berlisensi saat ini berasal dari aktinobakteri di dalam tanah.

Jadi, tim internasional ini mempertimbangkan apakah aktinobakteri di lingkungan yang berbeda mungkin memiliki senyawa yang berguna dalam melawan bakteri.

Secara khusus, mereka mencari molekul yang akan mengurangi virulensi bakteri: kapasitasnya untuk menyebabkan penyakit.

Ini merupakan strategi penting untuk mengurangi resistensi antibiotik. Jika suatu zat membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri, evolusi akan berakhir dengan memilih individu yang kurang terpengaruh oleh zat tersebut.

Sebaliknya, bakteri akan sulit berevolusi melawan senyawa yang mengurangi virulensi.

Senyawa semacam itu cenderung tidak menimbulkan efek samping pada manusia karena akan mengubah hubungan kita dengan bakteri yang hidup di dalam tubuh kita.

“Kami menemukan senyawa yang menghambat virulensi E. coli enteropatogenik (EPEC) tanpa memengaruhi pertumbuhannya, dan senyawa penghambat pertumbuhan, keduanya pada aktinobakteri dari Samudra Arktik,” kata penulis korespondensi Dr. Päivi Tammela, seorang profesor di Universitas Helsinki, Finlandia, dalam sebuah pernyataan.

Kedua senyawa tersebut berasal dari spesies berbeda yang ditemukan pada invertebrata di perairan kutub.

Yang pertama berasal dari galur yang tidak diketahui (dan yang lainnya adalah T160-2) dari Kocuria dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Bukan zat yang ideal, tetapi kita tidak bisa memilih jika kita berisiko kehabisan antibiotik yang efektif.

Yang kedua berasal dari strain yang tidak diketahui (yang mereka sebut T091-5) dalam genus Rhodococcus. Dan yang ini terbukti memiliki sifat antivirulensi yang mereka cari.

Senyawa ini menghentikan E. coli menempel pada lapisan usus inang. Dan juga menghambat pengikatan antara bakteri dan reseptor Tir, langkah penting dalam proses yang menyebabkan penyakit.

T091-5 memiliki beberapa kemampuan yang sangat menarik, tetapi kedua senyawa tersebut akan dipelajari lebih lanjut untuk dipahami sepenuhnya dan mungkin dikembangkan menjadi sesuatu yang suatu hari nanti dapat menjadi obat umum.

“Langkah selanjutnya adalah pengoptimalan kondisi kultur untuk produksi senyawa dan isolasi sejumlah senyawa yang cukup untuk menjelaskan strukturnya masing-masing dan menyelidiki lebih lanjut bioaktivitasnya masing-masing,” kata Tammela.

Penelitian ini dipublikasikan di Frontiers in Microbiology.