Ilmuwan Temukan Dua Jamur Psikoaktif Baru di Afrika Selatan

Penemuan ini menambah jumlah total spesies Psilocybe yang diketahui di Afrika menjadi enam.
Psilocybe maluti ditemukan tumbuh di padang rumput pada kotoran sapi di provinsi Free State dan Kwa-Zulu Natal di Afrika Selatan, serta dataran tinggi Lesotho./Cullen Taylor Clark.

Peneliti dan ilmuwan warga telah menemukan dua spesies baru jamur psikoaktif di Afrika Selatan.

Jamur Psilocybe terkenal karena sifat psikoaktifnya, dan sekitar 140 spesies telah dideskripsikan di seluruh dunia.

Jamur baru tersebut, yang diberi nama Psilocybe ingeli dan Psilocybe maluti, dideskripsikan dalam sebuah makalah yang diterbitkan minggu ini di jurnal Mycologia.

Penelitian tersebut merupakan kerja sama antara Stellenbosch University (SU) dan penggemar jamur yang berdedikasi.

Psilocybe ingeli ditemukan pada tahun 2023 oleh Talan Moult, seorang ahli jamur otodidak. Ia menemukannya tumbuh di padang rumput di KwaZulu-Natal.

Psilocybe maluti pertama kali diidentifikasi pada tahun 2021 oleh Daniella Mulder di sebuah pertanian kecil di Free State.

Mulder mengirimkan foto jamur tersebut kepada Andrew Killian, seorang ahli mikologi terkemuka di Somerset West, untuk diidentifikasi.

Jamur yang tidak biasa tersebut kemudian dikirim ke Breyten van der Merwe untuk analisis DNA di laboratorium Profesor Karin Jacobs di Departemen Mikrobiologi SU.

Van der Merwe, yang kini menjadi mahasiswa pascasarjana di bidang teknik kimia di SU, adalah seorang ahli mikologi terlatih dan penulis pertama makalah penelitian tersebut.

Hanya satu koleksi Psilocybe ingeli yang ditemukan, tumbuh di padang rumput KwaZulu-Natal.

Makalah tersebut juga menyoroti penggunaan tradisional Psilocybe maluti oleh para penyembuh Basotho di Lesotho. Ini adalah penggunaan jamur halusinogen pertama yang terdokumentasi dalam praktik tradisional Afrika.

Ahli mikologi Cullen Taylor Clark, salah satu penulis makalah tersebut, bekerja sama dengan Mamosebetsi Sethathi, seorang penyembuh tradisional dari Lesotho, untuk mendokumentasikan penggunaan Psilocybe maluti dalam praktik penyembuhan lokal.

Dikenal secara lokal sebagai "koae-ea-lekhoaba," jamur ini berperan dalam tradisi penyembuhan masyarakat Basotho.

Van der Merwe yakin bahwa masih banyak spesies Psilocybe yang belum ditemukan di Afrika bagian selatan.

Ia menekankan pentingnya ilmuwan warga di bidang ini. "Penemuan ini dimungkinkan oleh ilmuwan warga. Mustahil bagi seorang peneliti tunggal untuk meliput semua area yang dapat diakses oleh penggemar jamur. Ini adalah satu-satunya cara untuk memajukan studi jamur Afrika."

Profesor Jacobs setuju, dengan menyatakan,"Sangat sedikit ahli mikologi di Afrika yang mendokumentasikan keanekaragaman hayati lokal."

"Mengingat keanekaragaman jamur yang sangat luas di benua ini, ini merupakan tugas yang menantang. Bekerja sama dengan ahli mikologi warga sangat bermanfaat."

"Ini tidak hanya menyediakan lebih banyak materi tetapi juga mendorong diskusi dan eksplorasi, membantu mendokumentasikan kecintaan terhadap jamur di Afrika."

Upaya kolaboratif antara ahli mikologi profesional dan amatir ini sangat penting untuk memajukan pemahaman kita tentang keanekaragaman hayati jamur Afrika yang kaya.